Download source code vb6, source code delphi7, tutorial vb, tutorial delphi, tutorial php

Cara mudah mendesign form di VB

Share on :
Ada saatnya dimana kalian perlu menata tata letak dari objek kalian, misalnya CommandButton, tepat berada di tengah-tengah Form. Atau adakalanya kalian ingin membuat beberapa objek berukuran sama. Tentu saja ini agak sulit dilakukan bila dilakukan dengan cara manual. Sebenarnya ada suatu fasilitas untuk membantu Anda melakukannya. Yaitu dengan cara Form Editor.

Pertama, Kalian perlu menampilkan toolbar Form Editor terlebih dahulu. Caranya mudah. Pada menu View > klik Toolbar > klik Form Editor.

Sebuah toolbar baru akan segera ditampilkan.

Saatnya mencoba! Tambahkan 3 buah TextBox secara sembarangan.

Pertama, kita buat ukuran ketiga TextBox tersebut menjadi sama, dan Text1 sebagai patokan. Sebelumnya, kita harus menyeleksi (baca: memilih) Text1, Text2, dan Text3. Caranya, sambil menekan tombol Ctrl, pilih Text1, Text2, dan Text3. (CATATAN: Objek yang terakhir Anda pilih akan menjadi patokan untuk mengubah ukuran atau posisi, jadi Text1 harus dipilih terakhir.)

Pada toolbar Form Editor, klik tanda panah pada tombol Make Same Size dan pilihlah Both.

Hasilnya akan seperti berikut:

Selanjutnya, kita akan membuat posisi ketiga TextBox ini menjadi sama. Pada toolbar Form Editor, klik tanda panah pada Align, lalu klik Lefts.

Hasilnya akan seperti berikut:

Anda juga dapat mengatur jarak spasi antar TextBox tersebut. Sebagai contoh: Klik Format > Vertical Spacing > Remove. Hasilnya akan menjadi seperti berikut ini:

Setelah itu, Anda dapat menambahnya kembali (klik Format > Vertical Spacing > Increase), menjadi seperti ini:

Anda juga dapat membuat ketiga TextBox ini tepat berada di tengah-tengah. Caranya mudah. Pada Form Editor, klik tanda panah pada Center, pilih Center Vertically.

Hasilnya akan tampak sebagai berikut:

Bisa juga ditambah dengan Center Horizontally.

Bagaimana? Praktis bukan? Daripada Kalian melakukannya secara manual dan mengira-ngiranya. :D

0 komentar on Cara mudah mendesign form di VB :

Post a Comment and Don't Spam!

Terimakasih Sudah Berkomentar di artikel ini