Download source code vb6, source code delphi7, tutorial vb, tutorial delphi, tutorial php

Function dan Prosedure di Visual Basic

Share on :
Untuk memudahkan dalam mengorganisir program, dan Visual Basic masih mengikutsertakan prinsip modular programming. Dimana program bisa dipecah kedalam subprogram yang lebih kecil. Dalam hal ini masing-masing objek bisa dipecah menjadi prosedur dan fungsi.

Prosedur adalah kumpulan perintah yang ditandai dengan keyword SUB.
Contoh Prosedure sbb:

Sub bersih ()
Text1.Text = " "
Text2.Text = " "
Text3.Text = " "
End Sub
Dari kode program diatas bisa dijelaskan sebagai berikut. Prosedur diatas bernama Bersih, bersih akan menjalankan perintah untuk membersihkan isi dari Text1, Text2,dan Text3.

Fungsi adalah kumpulan perintah yang menghasilkan nilai. Karakteristik dari sebuah fungsi hampir sama dengan prosedur, hanya saja prosedur mempunyai nilai sendiri. Sehingga function juga mempunyai tipe data. Contoh penggunaan function adalah sebagai berikut:

Private Function Cari () As Integer
Cari = 10 + 3
End Function


Sekarang kita juga mempunyai sebuah function dengan nama Cari, function cari bertipe data integer, kemudian ada satu baris perintah yang mengubah isi dari function cari menjadi 10+3, sehingga sekarang function cari bernilai 13. Function ini bisa dipanggil oleh prosedur / function lain untuk menghasilkan nilainya, yang bisa kita perlakukan sama dengan sebuah variabel. Hanya saja bedanya variabel sudah menampung data. Sedangkan function akan memproses dulu perintah sesuai dengan kumpulan perintah yang ada padanya baru kemudian mengeluarkan data yang telah selesai di proses.
Klik Like/share jika anda menyukai tulisan ini;

0 komentar on Function dan Prosedure di Visual Basic :

Post a Comment and Don't Spam!

Terimakasih Sudah Berkomentar di artikel ini