Download source code vb6, source code delphi7, tutorial vb, tutorial delphi, tutorial php

Struktur Program Visual Basic

Share on :
Program yang dibuat dengan Visual Basic terdiri dari beberapa komponen yang saling berhubungan. Komponen yang digunakan adalah sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh si programmer.
Tidak semua komponen harus diikut sertakan, kadang kala hanya satu atau dua komponen saja, namun tidak tertutup kemungkinan semua komponen akan digunakan. Beberapa komponen tersebut disimpan dalam file yang berbeda, sehingga sangat disarankan untuk menyimpan sebuah proyek aplikasi yang akan dibuat sebaiknya menggunakan sebuah folder khusus untuk masing-masing proyek.

Komponen-komponen ini akan diorganisir oleh sebuah komponen utama yakni komponen project. Komponen ini yang akan menunjukkan komponen apa yang terlibat dalam sebuah proyek aplikasi yang sedang dibuat. Salah satu fasilitas yang dimiliki oleh komponen project adalah project explorer. Berikut ini adalah Struktur komponen yang ada dalam sebuah proyek Visual Basic


Terdapat 4 buah komponen yang tertera dalam gambar diatas, yakni Aplikasi (selanjutnya kita sebut dengan nama project), form, modul, dan kontrol (control). Semua komponen tersebut dinaungi oleh sebuah project yang akan menjadi “peta” untuk beberapa komponen berikut:

1.Form
Form bisa diartikan sebagai dokumen / bentuk. Dalam Visual Basic, form diartikan sebagai bentuk antarmuka yang digunakan untuk interaksi antara pengguna dengan program. Didalam sebuah project form digunakan untuk melakukan input atau output dari program. Dalam sebuah form bisa terdapat satu atau lebih control. Masing-masing form memiliki perintah-perintah yang didukung oleh control. Dalam sudut pandang object form berfungsi sebagai object container. Yakni objek yang berfungsi untuk menampung objek-objek yang lain.

2.Konrol
Control adalah sesuatu yang kita pasangkan dalam form. Yang memungkinkan program untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti menyediakan input text dan meng-click tombol. Bisa dikatakan bahwa form adalah kanvas sedangkan control adalah tinta yang digunakan untuk melukis kanvas tersebut. Tempat menaruh tinta disebut dengan toolbox. Kita bisa menambahkan control kedalam form dengan memilih control yang diinginkan melalui toolbox dan menaruhnya di form.

Ada beberapa control yang memang tersedia beserta dengan VB, yang tidak bisa dihilangkan. Ini disebut dengan intrinsic control. Sedangkan control yang lain berada diluar VB. Mereka bisa ditambahkan kemudian, bahkan bisa dibuat sendiri oleh si programmer. Control jenis ini tersimpan dalam sebuah file .ocx yang bisa dipanggil dan dihilangkan dari toolbox.

3.Modul
Modul termasuk salah satu objek pada Visuak Basic yang tidak tampak dan terpisah dari form, tetapi masih berada dalam aplikasi. Modul standar berisi kode-kode program yang bersifat umum yang dapat dipanggil oleh objek apa saja yang membutuhkannya.


Klik Like/share jika anda menyukai tulisan ini;

0 komentar on Struktur Program Visual Basic :

Post a Comment and Don't Spam!

Terimakasih Sudah Berkomentar di artikel ini